Subscribe:

Senin, 21 November 2011

Belajar analisa Komputer Yang Tiba-Tiba Restart

 

Alhamdullah akhirnya ada waktu buat buat cuap-cuap lagi. Nah disesi ini saya ingin sedikit menyeringkan masalah komputer yang sering tiba-tiba mati sendiri atau restart sendiri. Nah materi ini saya tulis bukan berdasarkan buku yang pernah tak pelajari melainkan dari belajar otak-atik komputer sendiri akhirnya menemukan solusi. Zo buat perna mengalami permasalahan yang sama tapi kok penyelesaian beda, ya wajar karena biasanya komputer meskipun gejalanya sama tapi terkadang kerusakannya belum tentu sama.  Zo tanpa panjang tangan (upz mang mau nyuri apa heheh...) singkat saja kita bahas tentang judul di atas "Menganalisa Komputer yang  tiba-tiba ngrestart sendiri. Gejala pertama adalah komputer sudah kita pakai agak lama trus tiba-tiba "Plesssss" alias mati.
Faktor 
  1. bisa di karenakan tegangan PLN yang menurun, ini biasanya sering terjadi ketika komputer bekerja di sore atau malam hari dikarenakan jam sore sekitar pukul 17.00wib ke atas mulai dipakai penerangan, jadi tegangan PLN banyak yang terkuras untuk kebutuhan penerangan. dan kasus ini juga sangat sering terjadi pada rumah yang masih menggunakan tegangan cuman  450 watt. Solusinya: jika memang listrik di daerah kita gak setabil, baiknya di komputer kita pasang Stabilisator(pensetabil tegangan) atau UPS (untuk penyimpan tegangan untuk sementara), agar ketika listrik tiba-tiba mati atau turun tegangan tidak lasng mati  atau merestart secara auto matis.

  2. Masalah yang kedua bisa dikarenakan power supply. Masalah ini juga sering terjadi dikarenakan mungkin power supply yang kita pakai kurang bagus atau merk murahan, atau mungkin bisa juga karena jam terbang yang berlebihan dan usia yang uda terlalu tua (ya sekitar seumuran mbah kali ya...heheh). Naik turunnya tegangan PLN juga sangat mempengarui  usia dari power supply apa ladi di komputer yang tidak terpasang stabilisator atau UPS, ini sangat cepat sekali membuat kerusakan pada power supply. kerusakan ini bisa mengakibat komputer sering restart ketika meLOAD data yang besar seperti Grafis atau Game yang memeliki resolusi besar kayak game GTA 4 (hehee... ini adalah GAME Kesukaan). Jika kita pengentahu cara mengetahui apakah power supply kita yang tidak beres CARAnya adalah: kita cari pinjaman power supply dari komputer yang normal trus kita coba pasang pada PC kita, Zo kalau bisa nyala dan tidak restart lagi SOLUSInya adalah BELI POWER SUPPLY BARU (pasti beres) Eitz... ingat jangan beli merk MURAHAN ya..hehee... karena komputer yang sering restart akan bisa mengakibatkan yang fatal pada komputer kita, terutama  pada tempat penyimpanan hardisk. Zo demi kenyamanan dan keamanan pilih yang bermutu..okela  tapi kok jika masih tetep aja restart..... emmmmmm... apa ya, apa di jual aja komputernya...heheh...tenang kita coba otak-atik lagi...oke. namanya juga belajar otak-atik
.  masalah yang ketiga ini adalah masalah yang sepeleh tapi juga bisa membuat dampak yang seknifikan. Yaitu dikarenakan temperatur PROSESOR Over Panas. biasanya dikomputer jika temperatur panas mencapai sekitar 80% keatas biasanya komputer akan secara automatis merestart. kita bisa mengeceknya temperatur pada bagian BIOS caranya klik disini, lah masalahnya apa kok bisa sampai temperaturnya jadi over panas???ada beberapa faktor lagi:
a.     Pendingin / kipas prosesor yang sudah tidak bekerja dengan maksimal. ini bisa juga dikarenakan kotoran/debu yang terlalu banyak menempel pada sisi-sisi kipas. Soslusinya ambil kuas trus bersikan, atau jika ada ambil Kompresor dan semprotkan ke arah kotoran (kopresor bisa pinjam di tukang tambal ban juga ada...hwkwkwkw). atau memang kipas  prosesornya yang daya putarannya kurang maksimal, solusinya BELI BARU AJA, (INGAT JANGAN MURAHAN) tapi murah tidak apa asal kualitasnya bagus.
b.       masalah yang sepeleh kedua adalah, PASTE Prosesor uda kering dan menghilang, ini bisa membuat prosesor menjadi sangat cepat panas. SOLUSINYA. coba buka pendingin kipas prosesor dan lihat pada bagian atas prosesor ada kremwarna putih-putih gak disana, kalau tidak ada berarti itu bisa kemungkinan membuat prosesor cepat panas dan restart sendiri. Solusinya ambil uang disaku sekitar Rp 15.000 trus anda berang ke toko komputer dan bilang cariPasta Prosesor (awas jangan keliru PASTA GIGI loh ya...hhehehe), setelah dapat coba kasih pasta di atas prosesor di bawah pendingin trus pasang pendinginnya.       
Nah itu sekilas penanganan komputer jika sering restart tiba-tiba. tapi jangan salah sebenarnya masih banyak kasus lain yan mengakibatkan komputerkita sering restart, jadi belajar otak-atik komputer sendiri ya...di jamin pasti kita akan dapat ilmu troubleshoot baru. Zo semoga bermanfaat selamat otak-atik komputer ya....                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      

0 komentar:

Posting Komentar